Tips Sebelum Membeli iPhone Second


Oppa Gadget - Apple sudah sah menginformasikan iPhone 8 serta iPhone 8 Plus. Dan, surprise iPhone exclusive dalam rencana ulang tahun iPhone ke-10 yaitu iPhone X (ten). 

Beberapa penggemar fanatik beberapa produk Apple atau Apple fanboy tentunya akan upgrade ke iPhone terbaru serta jual iPhone lama mereka. Ya, saat ini ialah waktu yang pas untuk beli iPhone second atau sisa. Serta tersebut Jaka kasih tahu beberapa panduan beli iPhone sisa yang mulus serta berkualitas. 


BERIKUT TIPS SEBELUM MEMBELI iPHONE SECOND


Dapat disebut, beli iPhone seken itu lebih sulit daripada beli smartphone Android. Janganlah nekat, kamu mesti dengan bekal pengetahuan dengan mencari panduan beli iPhone second sebanyak-banyaknya. Beberapa hal yang perlu kamu betul-betul lihat, supaya memperoleh iPhone yang masih tetap bagus, body mulus, serta tidak memiliki masalah. 

1. REKOMENDASI TYPE iPHONE 

Janganlah mentang-mentang ngebet sekali pingin gunakan iPhone, kamu beli type iPhone yang begitu kuno. Bila kamu punya niat memakai iPhone menjadi smartphone penting dalam periode waktu lama, JalanTikus merekomendasikan sekurang-kurangnya iPhone 6. 

Untuk iPhone 6 dengan ruangan penyimpanan 16 GB, harga second-nya sekitar Rp3 juta-an. Sesaat, vs 32 GB sekitar Rp4 juta-an, tentu saja bergantung keadaan juga. Menjadi info, iPhone 6 32 GB garansi sah yang sekarang ini masih tetap ada di Erafone di harga Rp4.999.000, begitu wajar. 

2. BELI iPHONE YANG GARANSI NYA MASIH BERLAKU 

Bila kamu punya niat beli online lewat Kaskus atau OLX, cari iPhone yang masih tetap bergaransi sah. Umumnya memang harga nya tambah mahal, tetapi jika mutunya lebih terjamin mengapa tidak. 

Pilihan yang lain, cari iPhone yang Like New yaitu yang dengan body masih tetap seperti baru. Jika ingin yang tidak garansi, yakinkan waktu garansi baru saja habis serta janganlah yang telah dipakai 2-3 tahun. 

Untuk mendapatkan iPhone sisa yang berkualitas, kamu memang seharusnya sabar dalam mencari serta tidak butuh buru. 

Mesti kamu kenali jika tidak ada arti garansi internasional untuk iPhone, yang benar ialah garansi regional. Berarti iPhone cuma dapat klaim garansi di negara iPhone itu dikeluarkan. Untuk tahu, kamu dapat lihat di dus belakang kiri bawah. Contoh kode negara untuk iPhone: 

  • MY/A : Malaysia 
  • LL/A : Amerika 
  • X/A : Australia 
  • ZP/A : Singapore, Hongkong 
  • PA/A : Indonesia 


Baca Juga : LANGKAH TAU NEGARA ASAL iPHONE DARI NOMOR KODE


3. CHECK NOMOR IMEI

Jika telah bertemu barang bagus, langsung hajar. Baca baik-baik gambaran produk yang penjual catat serta tanyakanlah jika ada yang kurang jelas berkaitan kelengkapan piranti, yakinkan lengkap, serta masih tetap original. Jika semua info yang dikasihkan cukup sudah, sebelum deal mintalah nomer IMEI iPhone itu. 

Nomer IMEI ini berada di menu setting>general>about, kamu harus cek di web Apple click di sini. Untuk mengetaui bekas waktu garansi iPhone itu, jadi penjual tidak dapat bohong. Janganlah lupa untuk bertransaksi dengan skema COD, supaya kamu dapat mengecheck keadaan iPhone sampai senang. 

4. KETAHUI PERBANDINGAN iPHONE 

Sebelum bergerak ketemuan, sebaiknya kamu kenali ketidaksamaan beberapa jenis iPhone. Jangan pernah ingin beli iPhone 7 second, tetapi yang kamu temukan iPhone 6 atau iPhone 6s. Mereka memang share design yang sama, akan tetapi masih tetap ada banyak ketidaksamaan yang perlu kamu kenali. Seperti bentuk camera serta hilangnya jack audio 3.5mm pada iPhone 7. 

5. CHECK KEADAAN FISIK iPHONE  

Saat lakukan transaksi dengan skema COD, upayakan mencari tempat yang nyaman serta tak perlu cepat-cepat. Cek keadaan fisik iPhone dengan cermat, yakinkan sesuai dengan gambaran serta cek juga kelengkapan serta fungsinya. Tersebut keadaan fisik yang perlu kamu cek. 

  • **Cek jaringan seluler serta internet*, masukan kartu SIM. 
  • Check tombol home serta responsivitasnya, yakinkan masih tetap empuk serta berjalan baik tanpa yang aneh. Masalahnya elemen yang satu ini populer cepat rusak. 
  • Check tombol power serta yakinkan masih tetap normal waktu didesak. 
  • Yakinkan earphone, meskipun belumlah pasti kamu gunakan tetapi yakinkan earphone masih tetap asli serta taruh dengan baik untuk mengawasi harga. Barang kali kelak ingin upgrade ke vs yang tambah tinggi. 
  • Cek charger serta kabel USB, yakinkan berperan serta tidak longgar. Mengingat type USB yang dipakai spesial, bukan microUSB seperti yang ada dibanyak smartphone Android. Tentu saja akan begitu menyusahkan jika charge asli iPhone rusak, harga charge iPhone pun termasuk mahal untuk yang asli. 
  • Cek jack audio serta yakinkan tidak tersendat-sendat. 
  • Test speaker serta earphone, yakinkan nada yang dikeluarkan normal serta tidak pecah. Bila pecah, bisa saja sudah terserang air atau kerendam. 

6. CHECK DAN MAKESURE SEMUA FITUR BERFUNGSI DENGAN BAIK 

Terpenting buat kamu kenali, Apple tidak jual elemen iPhone. Jadi yakinkan saat kamu beli iPhone sisa tidak ada rusaknya benar-benar, tersebut beberapa hal yang perlu kamu yakinkan. 

  • Check responsivitas monitor keseluruhannya, yakinkan manfaat monitor sentuh semua berjalan. Dari atas bawah, kanan kiri sampai sudut-sudut monitor. Coba juga sensor rotasinya (Accelerometer), apa berjalan dengan baik. 
  • Cek ambient light sensor. Sensor ini akan meredupkan monitor iPhone saat ada di kegelapan. Langkah mengeceknya, tutup sisi 1/3 monitor atas dengan tangan atau alat membantu lainnya. Lalu tekan tombol sleep serta hidupkan kembali dengan mendesak tombol sleep (dengan kondisi 1/3 monitor masih tetap ditutup). Semestinya monitor semakin lebih redup dari mulanya. 
  • Check konektivitas, baik itu jaringan seluler, WiFi, Bluetooth, serta GPS. 
  • Cek camera, coba kamu utak-atik kameranya serta mengambil photo dengan Flash atau tiada Flash dan lihat akhirnya. 
  • Cek kesehatan baterei, triknya membuka menu Setting > General > Usage > Baterai Usage

7. CHECK SOFTWARE 

Panduan beli iphone sisa setelah itu Cek iCloud serta reset di TKP. Untuk mengecheck iCloud masih tetap aktif ataukah tidak, kamu dapat cek lewat Setting > iCloud serta yakinkan telah kosong ya. Bila masih tetap ada, tanyakanlah langsung serta meminta selekasnya keluarkan iCloud-nya tersebut pun feature Find My iPhone. Feature ini akan sangat mungkin iPhone bisa dikontrol dari jarak jauh. Jadi, mintalah matikan Find My iPhone & Deleted Account

Butuh diingat! iPhone akan tetap minta password iCloud di tiap-tiap kegiatan terpenting, perumpamaannya meng-install aplikasi. Jadi langsung "RESET" di TKP, masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone serta matikan (akan minta password iCloud). Lalu kerjakan Erase All Konten and Setting di Setting > General > Reset > Erase All Konten and Setting

8. APAKAH iPHONE TERSEBUT SU / SU ? 

Info penambahan yang perlu kamu kenali menjadi pengguna iPhone, yaitu apakah sich perbedaannya iPhone SU serta FU? iPhone FU (Factory Unlock) ialah type iPhone yang tidak digembok oleh pabrik pembuat iPhone, hingga iPhone ini bisa dipakai untuk semua kartu SIM di semua dunia. Jadi, kamu dapat ganti-ganti service operator. 

Sedang iPhone SU (Software Unlock) ialah type iPhone yang telah di-unlock memakai software. Jadi iPhone ini awal mulanya ialah type iPhone yang di-lock oleh pabrik untuk memakai satu kartu saja. Proses unlock dapat dikerjakan lewat cara di-jailbreak serta umumnya tidak 100% semua manfaat akan berjalan normal. 

9. JANGAN MEMBELI iPHONE REFURBISH atau GARANSI INTERNATIONAL 

Sangat banyak orang jualan iPhone mengakui garansi internasional serta nyatanya refurbish. Harga memang tambah murah, tetapi tidak ada agunan akan awet. Ada-ada saja permasalahan yang akan didapati, dari mulai tanda hilang, sampai tidak bisa up-date ke vs iOS yang paling baru. 


Itu panduan beli iPhone sisa yang berkualitas, yakinkan kamu telah miliki informasi yang cukuplah serta cermat ya, janganlah gampang kepincut harga terjangkau. Jika kamu miliki uang sich, masih direferensikan beli yang baru serta garansi sah. Bagaimana opini kamu? 

Simak juga artikel sekitar iPhone atau tulisan dari Lukman Azis yang lain. 

No comments

Theme images by fpm. Powered by Blogger.