Ulang Tahun Android


OppaGadget - Jakarta - Bisa jadi smartphone yang kamu pegang sekarang mengangkat skema operasi (OS) Android. Nah, tahukah kamu jika Android baru berulang-ulang tahun ke-10?

Android, skema operasi garapan Google, sebetulnya dikenalkan pada tahun 2007. Tetapi baru pada tanggal 23 September 2008-lah Android sah lahir bersamaan dengan pengumuman launching piranti komersial pertama berbasiskan OS itu.

Melihat sejarahnya, skema operasi ini sebelumnya ditingkatkan oleh Android Inc. Cerita itu berawal pada Oktober 2003, saat kuartet Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, serta Chris White membangun Android Inc. di Palo Alto, California.

Arah awal Android Inc. ini sebetulnya malah meningkatkan satu skema operasi hebat buat camera digital. Hal tersebut juga sebagai "jualan" awal mereka ke beberapa investor pada April 2004.


Baru lima bulan selanjutnya Android Inc. merasakan pasar camera digital kurang lumayan besar buat mewadahi tekad mereka. Android Inc. juga mengubah fokusnya: Android jadi skema operasi untuk menandingi Symbian serta Microsoft Windows Mobile -- yang menguasai masa itu.

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dengan nilai yang beritanya sampai USD 50 juta. Proses pengembangaan, dengan di pimpin Rubin, terus dikerjakan dalam membidani kelahiran Android.

Pada 5 November 2007, Google dengan sah menginformasikan skema operasi Android. Sesudah pertaruhan panjang, pada 23 September 2008 meluncurlah HTC Dream, atau juga dikenal dengan T-Mobile G1. Tanggal berikut yang lalu "disetujui" untuk menandai hari lahirnya Android, versus modifikasi dari kernel Linux serta perangkat lunak open source lain, jadi skema operasi.

Sebelumnya Android direncanakan dengan konsentrasi ke piranti mobile berlayar sentuh seperti smartphone serta tablet. Dalam perjalanan waktu, Google mengembangkannya jadi Android TV untuk tv, Android Auto buat mobil, serta Wear OS di jam tangan. Diluar itu variasi serta modifikasi dari Android sekarang juga diadopsi oleh konsol game, camera digital, PC, serta piranti elektronik lain.


Baca Juga : Tips Membuat Akun Instagram Anda Lebih Aman


Dalam prosedurnya, sepanjang 10 tahun keberadaan Android jadi skema operasi, beberapa launching besar telah dikerjakan Google. Android Pie (versus 9.0) jadi yang terbaru sesudah dikenalkan pada 7 Maret 2018 kemarin.

Dalam data Statista.com, s/d Q2 2017 lalu Android menguasai skema operasi pada piranti mobile -- dalam segi penjualan pada beberapa pemakai.

‣ Q2 2017
‣ Android 87,8 %
‣ iOS 12,1 %
‣ dan sebagainya 0,1 %

Jadi perbandingan, dalam data yang sama, Android hanya mempunyai bagian 1,9 % pada Q1 2009 lampau alias saat di saat-saat awal masa kelahirannya. Waktu itu pasar masih dikuasai skema operasi Symbian yang benar-benar menguasai.

‣ Q1 2009
‣ Symbian 48,8 %
‣ RIM 20,6 %
‣ iOS 10,5 %
‣ Microsoft 10,1 %
‣ Android 1,9 %

No comments

Theme images by fpm. Powered by Blogger.